Pialadunia2018rusia.com – Kiper utama timnas Jerman, Manuel Neuer menyebut seluruh pemain Jerman sudah menerima keputusan Mesut Ozil pensiun dari timnas. Neuer menilai keputusan itu memang hak individu dan Ozil sudah melakukan hal yang tepat.

Ozil memutuskan pensiun dari timnas Jerman seusai kegagalan di Piala Dunia 2018 Rusia. Dia merasa diperlakukan tidak adil dengan banyaknya hujatan rasial.

Gelandang Arsenal ini mengaku bisa terima jika dia dikritik karena performa yang buruk. Namun, yang terjadi selama ini justru Ozil dikritik karena darah Turki yang separuh mengalir dalam tubuhnya. Dia pun merasa tindakan itu tak bisa diterima.

BACA JUGA : Benatia Ucapkan Salam Perpisahan untuk Higuain

Neuer merasa Ozil dan Gundogan menjadi sasaran pelampiasan fan karena Jerman yang tampil buruk di Piala Dunia. Seandainya Jerman melaju positif – meski tak juara – dia yakin Ozil tak akan jadi bulan-bulanan kritik seperti saat ini.

“Jika keduanya (Ozil dan Gundogan) atau seluruh pemain tampil apik di PIala Dunia, kita tidak akan berdiri di sini berbicara soal ini (Ozil Pensiun),” ungkap Neuer di fourfourtwo.

“Ini adalah keputusan setiap pemain. Ketika seorang pemain mengatakan dia ingin pensiun, itu adalah keputusannya sendiri. Anda harus mencari alasan untuk diri anda sendiri dan karena itu, dia (Ozil) sudah menemukan alasannya.”

Lebih lanjut, Neuer merasa tak ada yang aneh dari keputusan pensiun Ozil. Dia menyebut pensiun adalah hal wajar yang dilakukan pesepak bola profesional saat gagal mencapai target tertentu bersama tim nasionalnya.

“Tentu saja kami menerima keputusannya. Di masa lalu pemain lain sudah memutus karier mereka di tim nasional setelah turnamen seperti kompetisi Eropa atau Piala Dunia,” tutupnya.

Di sisi lain, timnas Jerman dinilai tetap akan digdaya meski kehilangan Ozil. Saat ini banyak talenta-talenta muda yang menunggu kesempatan bermain

(PialaDunia2018Rusia.com)