Fakta Menarik Final Piala Dunia 2018 Perancis vs Kroasia

Pialadunia2018rusia.com – Fakta Menarik Final Piala Dunia 2018 Perancis vs KroasiaPerancis akhirnya keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 usai menundukkan Kroasia dengan skor 4-2 pada partai final di Stadion Luzhniki Moskow, Minggu (15/7/2018) malam.

Fakta Menarik Final Piala Dunia 2018 Perancis vs Kroasia

Pertandingan berjalan alot dalam 15 menit babak pertama, sebelum Mario Mandzukic membuat gol bunuh diri saat hendak menghalau tendangan bebas Antonie Griezmann. Namun Kroasia berhasil menyamakan kedudukan melalui Ivan Perisic. Sebelum turun minum, Antonie Griezmann sukses membuat Perancis unggul 2-1 melalui titik penalti.

Pada babak kedua, Perancis menambah skor menjadi 4-1 setelah Pogba dan Kylian Mbappe mencetak gol. Kroasia yang tertinggal, membuka harapan saat Mandzukic sukses mencetak gol, memanfaatkan blunder kiper Perancis Hugo Iloris. Skor 4-2 bertahan sampai laga Perancis vs Kroasia rampung. Perancis akhirnya keluar sebagai juara Piala Dunia 2018.

BACA JUGA : Didier Deschamps Ungkap Kunci Sukses Perancis di Piala Dunia 2018

Di balik pertandingan itu, menurut Opta, ada sejumlah fakta menarik yang terjadi:

– Perancis menjadi tim pertama yang mencetak empat gol dalam final Piala Dunia sejak Brasil mengalahkan Italia 4-1 pada tahun 1970. Ini adalah final Piala Dunia dengan skor tertinggi sejak Inggris mengalahkan Jerman 4-2 pada 1966.

– Kylian Mbappé yang berusia 19 tahun 207 hari adalah pemain termuda kedua yang mencetak gol di final Piala Dunia, setelah Pele untuk Brasil pada tahun 1958 saat dia berusia 17 tahun 249 hari.

– Antonie Griezmann telah mencetak 10 gol untuk Perancis di turnamen besar – hanya tiga pemain Perancis yang mencetak lebih banyak untuk Les Bleus (Michel Platini 14, Just Fontaine 13, Thierry Henry 12).

– Ivan Perisic telah terlibat langsung dalam 11 gol di turnamen besar (7 gol, 4 assist), lebih banyak dari pemain Kroasia lainnya.

– Paul Pogba menjadi pemain Manchester United pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia, dan pemain Liga Premier Inggris pertama yang mencetak gol di final sejak Emmanuel Petit pada 1998.

– Mario Mandzukic adalah pemain kedua dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol untuk timnya dan gol bunuh diri dalam pertandingan yang sama, setelah pemain Belanda ‘Ernie Brandts saat melawan Italia pada Piala Dunia 1978.

(PialaDunia2018Rusia.com)