Pialadunia2018rusia.com – Penghargaan Ballon d’Or selalu didominasi oleh dua pemain terbaik di planet ini, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Sebab, kedua superstar tersebut sudah memenangkannya secara bergantian selama 10 tahun terakhir.

Ronaldo memenangkan penghargaan kelimanya pada tahun 2017 dan difavoritkan untuk menyabetnya lagi tahun ini. Setelah mengantar Real Madrid meraih gelar Liga Champions ketiga berturut-turut serta tampil cukup bagus di Piala Dunia 2018, banyak yang menjagokan Ronaldo untuk mempertahankan trofinya.

Namun, apabila menganalisa penampilan dan pencapaian Ronaldo lebih dekat tahun ini, ada yang membuatnya bisa melewatkan kesempatan untuk kembali memenangkan Ballon d’Or.

Berikut ini empat alasan Ronaldo tidak akan memenangkan Ballon d’Or tahun ini seperti dilansir Sportskeeda.

BACA JUGA : Leon Goretzka Tak Menyesal Pernah Tolak Barcelona

Ballon d’Or memperhitungkan performa para pemain di berbagai kompetisi untuk menentukan siapa yang mendapat penghargaan. Hal ini mengharuskan semua pesaing untuk menampilkan yang terbaik di setiap kompetisi yang mereka ikuti.

Cristiano Ronaldo tidak diragukan lagi adalah pemain terbaik di Eropa musim lalu. Dia mencetak 15 gol dan tiga assist dalam 13 penampilan untuk membawa Real Madrid meraih trofi Liga Champions ketiga berturut-turut.

Meski Ronaldo berada di penampilan terbaiknya di Liga Champions, penampilan domestiknya tidak sebagus kompetitornya. Pemain Portugal kesulitan tampil konsisten di liga musim lalu setelah start yang lambat dan mencetak dua gol dalam 10 penampilan pertamanya.

Meski penampilannya membaik pada paruh kedua musim kemarin, dia tidak bisa mencegah Los Blancos finis di posisi ketiga di liga dan tertinggal 17 poin di belakang sang juara Barcelona. Madrid juga tersingkir di perempat final Copa Del Rey setelah kalah dari Leganes sehingga menambah penderitaan mereka di pentas domestik.

Dengan persaingan yang semakin ketat setiap tahun, penampilan bagus di setiap kompetisi akan sangat penting dan kegagalan Ronaldo di pentas domestik bisa menjadi penghalang untuk meraih penghargaan Ballon d’Or.

Piala Dunia sering dianggap sebagai turnamen sepakbola tertinggi di dunia. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau Piala Dunia akan memainkan peran penting dalam menentukan pemenang Ballon d’Or tahun ini.

Turnamen tahun ini menampilkan banyak superstar luar biasa dan untungnya, Cristiano Ronaldo adalah salah satunya. Dia tampil brilian di Rusia dengan mengemas hat-trick melawan Spanyol dan disusul gol kemenangan melawan Iran di pertandingan kedua.

Namun, setelah itu ketajaman Ronaldo tidak terlihat. Dia gagal mengeksekusi penalti saat Portugal imbang melawan Maroko sehingga mereka gagal menjadi pemuncak grup.

Ini artinya Portugal harus melawan Uruguay di babak 16 besar melawan Uruguay. Kontribusi Ronaldo lawan Uruguay tidak terlihat dan penampilan brilian Cavani mampu membuat Portugal tersingkir di babak 16 besar.

Di tempat lain, pemain-pemain seperti Kylian Mbappe, Antoine Griezmann dan Luka Modric melewati turnamen yang luar biasa di Rusia dan memimpin tim mereka sampai ke final. Dengan demikian, mereka menjadi pesaing kuat untuk Ballon d’Or. Beberapa superstar itu akhirnya berhasil memenangkan trofi dan akan menjadi ancaman serius terhadap Ronaldo dalam perebutan Ballon d’Or tahun ini.

Tidak diragukan lagi kalau rival terbesar Cristiano Ronaldo adalah Lionel Messi. Setelah terlibat persaingan selama 10 tahun terakhir, bintang Barcelona itu tetap menjadi salah satu pemain yang bisa menjegal Ronaldo untuk memenangkan Ballon d’Or tahun ini.

Messi adalah pemain terbaik di La Liga musim lalu setelah menjadi pencetak gol terbanyak dengan 34 gol dan membuat 12 assist. Dia juga membantu Barcelona meraih gelar La Liga dan Copa Del Rey.

Di Piala Dunia, Messi tidak terlalu istimewa setelah hanya mencetak satu gol dan Argentina tersingkir di babak 16 besar. Meski Ronaldo tampil superior di pentas Eropa musim lalu, Messi tidak jauh dari rivalnya dan bintang Argentina itu pasti akan membuat pertempuran menjadi sesuatu yang menarik.

Dengan waktu yang tersisa, ada kemungkinan Messi akhirnya bisa merebut penghargaan bergengsi tersebut dari sang rival.

Persaingan dalam penghargaan Ballon d’Or belum pernah seterbuka ini. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sudah berbagi 10 Bola Emas terakhir bisa dibilang sedang memasuki akhir karir mereka.

Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa mereka bisa kehilangan dominasi mereka atas penghargaan tahun ini. Perebutan Ballon d’Or akan berjalan sangat ketat tahun ini karena beberapa superstar siap mengancam dominasi Ronaldo dan Messi dengan penampilan luar biasa mereka sepanjang tahun.

Pemain sayap Liverpool, Mohamed Salah sudah membawa permainannya ke level yang berbeda musim lalu. Dia mencetak 43 gol dan 16 assist untuk The Reds di semua ajang kompetisi serta memimpin negaranya Mesir ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 28 tahun.

Piala Dunia juga memainkan peran penting karena banyak pemain luar biasa yang muncul di turnamen. Pemain seperti Luka Modric, Kylian Mbappe, Raphael Varane, Harry Kane dan Antoine Griezmann tampil brilian di Rusia setelah menjalani musim yang indah bersama klub mereka masing-masing. Para pemain ini punya peluang yang besar untuk menghentikan Ronaldo mempertahankan gelarnya.

(PialaDunia2018Rusia.com)